ppc

Monday, May 28, 2012

Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

  Hindari 5 tipe makanan ini jika ingin langsing dan memiliki tidur yang lelap.
Saat terjaga hingga tengah malam, tak jarang kita terganggu dengan suara-suara tak asing yang keluar dari perut. Lapar. Makan boleh, asal kita harus pintar-pintar memilih asupan yang tepat. Sebab, makanan yang salah tak hanya akan menambah kalori yang tak dibutuhkan tetapi juga bisa mengganggu kualitas tidur.
Oleh karena itu, ketimbang langsung menyantap apapun yang ada di depan mata, lebih baik kita mengetahui sederet makanan yang dilarang masuk ke dalam tubuh menjelang larut malam tiba.
  • Makanan berminyak dan berlemak
Jenis makanan ini tak hanya akan membuat kita menjadi lemas dan malas keesokan harinya. Lambung pun akan kesulitan dan harus bekerja ekstra keras untuk mencerna semua makanan itu. Jauhi semua macam fast foods, kacang, es krim, atau makanan berlapis keju tepat sebelum tidur.
  • Makanan tinggi karbohidrat atau bergula
Sedikit asupan gula sebelum tidur mungkin adalah yang kita butuhkan untuk terlelap dalam damai. Namun, ternyata sepotong besar kue cokelat akan langsung melejitkan gula darah sehingga tingkat energi pun meningkat. Proses tidur pun jadi terganggu. Hindari kue, biskuit, atau makanan penutup lainnya serta makanan berkarbohidrat, seperti roti tawar. Jika menginginkan sesuatu yang manis, cobalah untuk mengonsumsi sebutir apel.
  • Daging merah
Seperti layaknya makanan berlemak, konsumsi daging merah saat larut malam hanya akan membuat lambung harus bekerja keras untuk mencerna. Karenanya, kita jadi sulit tidur. Tak berarti kita harus menghindari segala jenis protein. Hanya saja, pastikan kita memilih protein tanpa lemak dan dalam porsi kecil. Cobalah mengonsumsi secangkir kecil yogurt.
  • Makanan berempah
Rempah-rempah memang terkenal dengan kemampuannya menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, bila mengonsumsinya pada malam hari yang terjadi justru sebaliknya. Konsumsi makanan ini bisa membuat lambung sakit. Selain itu, senyawa kimiawi yang ada di dalamnya bisa menstimulasi semua indera kita sehingga tidur pun menjadi semakin sulit.
  • Makanan porsi besar
Camilan kecil malam hari tak lantas berubah menjadi makan besar di malam hari. Pastikan kalori yang masuk tak lebih dari 200 kalori jika tak ingin mengalami kesulitan tidur. Selain itu, kita akan menyesal keesokan harinya karena terlalu lahap mengonsumsi makanan.

No comments:

Post a Comment