ppc

Thursday, May 31, 2012

Tips Olahraga Untuk Kaum Kantoran

Tips Olahraga Untuk Kaum Kantoran


Tak banyak mereka yang bisa meluangkan waktu untuk berolahraga apalagi mereka yang sibuk bekerja dan punya mobilitas tinggi. Olahraga bisa jadi seakan tinggal menjadi wacana semata. Begitu sulitnya untuk merealisasikan jadwal. Karena itu, olahraga malam pun menjadi sebuah pilihan bagi para pekerja kantoran.

Tapi mungkin kita bertanya-tanya, apakah tubuh letih orang yang baru selesai bekerja dapat dibawa berolahraga? Ternyata hal itu tidaklah harus dikhawatirkan. Penelitian hubungan antara tidur dan olahraga yang dilakukan di Universitas South Carolina, Columbia, membuktikan olahraga yang dilakukan malam hari sama sekali tidak menggangu pola tidur.

Bahkan, menurut seorang peneliti, Shawn Youngstedt, mengatakan olahraga yang dilakukan satu setengah jam sebelum tidur memang membuat suhu tubuh meningkat, namun tidak mempengaruhi kebiasaan tidur seseorang. Berikut beberapa hal penting yang dapat diperhatikan terkait berolahraga malam hari :

  • Olahraga malam hari membuat otot menjadi hangat dan fleksibel.
  • Olahraga sifatnya menyenangkan dan menghibur, karena itu olahraga malam hari dapat menghilangkan kepenatan dan rasa stress sehabis bekerja.
  • Olahraga malam dapat mengurangi nasu makan Anda saat malam hari. Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari kegemukan yang dapat menyebabkan hipertensi.
  • Sebelum olahraga jangan lupa untuk mengosongkan perut. Kalau pun Anda harus makan, usahakan makan minimal 1 jam sebelum olahraga dilakukan.
  • Jika Anda mengalami gangguan tidur setelah olahraga, berarti Anda harus menjadwal ulang jam olahraga Anda. Kalau perlu konsultasikan ke dokter mengenai waktu yang tepat untuk olahraga.
  • Bila bosan dengan suasana olahraga Anda, carilah variasi baru misalnya berlatih di pusat kebugaran.
  • Dan kalau rasa malas menyergap? Jangan takut, olahraga malam bisa dilakukan di depan TV. Anda tinggal menyetel video senam atau lainnya dan mengikuti sesuai instruksi.

Cukup mudah bukan? Mulai saat ini jangan khawatir mengenai padatnya waktu kerja Anda, karena olahraga malam hari bisa jadi solusi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

No comments:

Post a Comment